Latest News

Friday, July 6, 2018

Romo Rudyanto: Lha gene yo iso !



Romo Rudyanto: Lha gene yo iso!
(Tidak perlu ganti Presiden)

Selama 3 dekade, saya berpikir citra Indonesia yg tertinggal sulit untuk diubah. Cuma negara² maju yg ditakdirkan keren, tertata rapi, rakyat dimudahkan & disejahterakan.

1. Yg sudah² perbaikan jalan (jalur mudik) baru dikebut menjelang lebaran, untuk menghabiskan anggaran semata. Saat lebaran, kondisinya belum layak dilewati sehingga alih² mengurai kemacetan, jalan geronjalan berdebu itu malah jadi sumber yg menambah kemacetan.
Di bawah Presiden RI yg belum ada 5 tahun menjabat, semua disiapkan sehingga siap berfungsi saat musim mudik tiba, kemacetan edan nggak masuk akal pun bisa dihindari.

Lha gene yo iso!

2. Saat ke luar negri, seringnya ke sana-sini harus pakai transportasi umum. Sarananya tersedia dan nyaman. Kalau sudah begitu, pasti ngenes...kapan fasilitas di Indonesia bisa seperti ini!?
3 dekade hidup saya tidak ada titik terang, tampaknya Indonesia (Jakarta) memang terlalu sulit untuk jadi lebih manusiawi transportasinya & nggak kumuh.
Kemarin saya mencoba KA ke Bandara (Jakarta baru punya di dekade ke-4 hidup saya!!). Senang hati luar biasa, Presiden RI yg belum genap 5 tahun menjabat ternyata bisa membuatkan fasilitas ini untuk saya...rakyatnya. Satu demi satu, pelan² jadi nyata, bisa saya nikmati transportasi yg nyaman.

Lha gene yo iso!

3. Bandara internasional Soekarno Hatta. Saya jarang bepergian dengan pesawat ke luar negeri, paling domestik, itu pun sesekali. Masih hangat di memori, terminal keberangkatan internasional, walaupun besar, dulu jorok, bahkan bau pesing! Nggak keren babhar blas.
Baru kemarin lagi saya menginjakkan kaki di T3 Bandara Soetta. Terang, bersih, modern, keren, nggak malu²in.
Di masa kepemimpinan Presiden RI sekarang, yg belum genap 5 tahun menjabat, Bandara Soetta T3 bisa membuat mata saya berbinar senang.

Lha gene yo iso!

4. Jalan beraspal, kiri kanan pemandangan alam yg instagramable, saya pikir hanya ada di luar negeri seperti yg saya lihat di tayangan TV kabel. Kota² besar di Indonesia terlalu sumpek untuk punya lahan hijau seluas itu, padahal jalanan aspal besar² begitu hanya tersentralisasi dibangun di kota² besar padat manusia ini.
Presiden RI sekarang yg belum 5 tahun menjabat membuatkan akses² jalan beraspal super panjang di banyak titik, DI LUAR PULAU JAWA, RATA satu nusantara, yg kiri-kanannya masih cantik alamnya, nggak rumah melulu pemandangannya.
Saya pikir dulu itu ide yg sangat sulit untuk terwujud.

Lha gene yo iso!

5. Selama bulan Ramadan sampai menjelang Idul Fitri biasanya emak² ribut harga cabe-bawang merah-daging merangkak naik. Beeeeertahun² (puluh tahun bahkan) berita itu terulang bagaikan theme song wajib di musim yg sama.
Tahun ini, enggak!

Lha gene yo iso!

Don't get me wrong. Saya tidak cinta buta kepada Bapak Presiden Jokowi secara pribadi. Pada kualitas kepemimpinan, kerja keras, kecerdasan, hati bersih, kebijaksanaan, kerendahan hati Bapak lah saya cinta mati. Itu yg mengubah wajah Indonesia di mata saya.
Artinya, bila sosok Pak Jokowi diganti, tapi kualitasnya sama atau bahkan lebih baik dari beliau, sepenuh hati akan saya dukung penuh kasih.

Saya termasuk rakyat yg  bersyukur Indonesia diberi kesempatan punya pemimpin sekelas  #PresidenJokoWidodo.

Satu²nya presiden yg membuat saya akhir-akhir ini berulang kali mengucap,

"LHA GENE YO ISO!"

Salam hormat saya untuk Bapak Jokowi & para pejabat bersih di bawah kepemimpinan Bapak🙏

No comments:

Post a Comment

Tags