Latest News

Thursday, March 31, 2016

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PSIKOANALISIS

Kekurangan: Diantara konsep dalam teori Freud yang kurang bisa diterima adalah khayalak luas adalah Oedipus Compleks, kecemasan dikebiri dan Penis envy. Memang ada diantara beberapa  anak yang berhubungan dekat dengan orangtua mereka yang berbeda kelamin dengan dia dan berkompetisi dengan orang tua yang berkelamin sama dengan dia untuk mendapatkan perhatian atau kasih sayang dari orang tua berkelamin yang berbeda. Namun hampir seluruh teoiritikus kepribadian menganggap hal itu sebagai pengecualian ketimbang hukum yang universal. Tidak semua anak yang berhubungan dekat dengan orang tua mereka yang berbeda jenis kelamin dengan dia akan mengalami perasaan atau muncul keinginan seksual dalam pengertian luas ke orang tua yang berbeda jenis kelamin dengan mereka. 

1.  Pandangannya yang terlalu deterministik di nilai terlalu merendahkan martabat manusia.
2. Terlalu banyak menekankan kepada pengalaman kanak-kanak, dan menganggap kehidupan seolah-olah sepenuhnya ditentukan masa lalu. Hal ini memberikan gambaran seolah-olah sepenuhnya tanggung jawab individu sekarang.
3. Terlalu menekankan pada libido, padahal tidak semua hal dapat dijelaskan dengan libido
4? Waktu yang dibutuhkan dalam terapi terlalu panjang 
5? Memakan banyak biaya bagi klien 
6? Karena waktunya lama, bisa membuat klien menjadi jenuh 
7? Diperlukan terapis yang benar-benar terlatih untuk melakukan terapi

Kelebihan: teori - teori Freud perlu diakui bahwa teori - teorinya telah menyadarkan kita tentang dua dorongan dan bagaimana kuatnya pegaruh itu pada kita. Freud juga menunjukan betapa besar pengaruh keluarga dalam pembentukan jati diri seseorang sebagai pria atau wanita. Id dan Super ego akan selalu terdapat dalam diri kita. 
1. Konseling psikoanalisa merupakan penyembuhan yang lebih bersifat psikologis dengan cara-cara fisik.
2.   Adanya penyesuaian antara teori dan teknik.


3.   Terlalu meminimalkan rasionalitas.
4. Terapi ini memiliki dasar teori yang kuat. ? Dengan terapi ini terapis bisa lebih mengetahui masalah pada diri klien, karena prosesnya dimulai dari mencari tahu pengalaman-pengalaman masa lalu pada diri klien. 
5? Terapi ini bisa membuat klien mengetahui masalah apa yang selama ini tidak disadarinya.

Sumber :
Jeanette Murad Lesmana, Dasar-dasar Konseling, Jakarta:UI-Press,2011. Hal 23
Gerald Corey, Teori dan Praktek Konseling&Psikoterapi, Bandung: Eresco,1997. Hal 41

No comments:

Post a Comment

Tags